Pemerintah Kota Tangerang akan menjadikan gedung Puskesmas Sudimara Pinang sebagai Ruang Isolasi Terkonsentrasi (RIT) bagi masyarakat yang positif terinfeksi virus Covid-19.

Beritana, Bangkalan - Pemerintah Kota Tangerang akan menjadikan gedung Puskesmas Sudimara Pinang sebagai Ruang Isolasi Terkonsentrasi (RIT) bagi masyarakat yang positif terinfeksi virus Covid-19.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan langkah itu diambil lantaran fasilitas kesehatan yang selama ini dijadikan tempat isolasi sudah penuh. Dia juga tidak ingin anggota keluarga yang lain ikut tertular jika pasien isolasi di rumah.

“Saat ini fasilitas kesehatan penuh semua, untuk itu kita berupaya untuk bisa melindungi keluarga yang lain agar yang terinfeksi bisa mengisolasi diri di fasilitas kesehatan milik pemerintah,” ucap Arief R. Wismansyah mengutip Antara, hari Kamis (21/1).

Puskesmas Sudimara Pinang yang dijadikan tempat isolasi sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan. Sirkulasi udara juga telah dibenahi.

Selain Puskesmas Sudimara Pinang, Arief R. Wismansyah juga sudah meninjau Puskesmas Larangan Utara. Akan tetapi, tidak akan dijadikan rumah isolasi terintegrasi (RIT).

Arief R. Wismansyah juga sudah menginstruksikan petugas Puskesmas Larangan Utara untuk menata ruang pelayanan. Dengan begitu, mobilitas pelayanan bisa lancar dan aman dari penularan virus corona.

Sejauh ini, Pemkot Tangerang sudah menyediakan 1.672 tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang tersebar di Rumah Sakit maupun Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT).

RIT yang telah disiapkan Pemkot Tangerang khusus untuk menangani pasien Covid-19 adalah enam puskesmas, antara lain Puskesmas Sudimara Pinang, Puskesmas Batusari, Puskes Jurumudi Baru, Puskes Gebang Raya, Puskes Panunggangan Barat dan Puskesmas Manis

Selain itu, dua hotel yang dijadikan RIT oleh Pemkot Tangerang adalah Hotel Siti dan Pakosn Prime Hotel. Kemudian Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Dinas Sosial dan RSUD Kota Tangerang.

Dari jumlah tersebut, 4.763 telah sembuh dan 109 orang meninggal dunia. Masih ada 467 pasien positif virus corona dan 1.946 pasien suspek yang dirawat di fasilitas kesehatan.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations