Organisasi Kesehatan Dunia: Manfaat Vaksin COVID-19 Buatan AstraZeneca Lebih Besar Daripada Resikonya
Internasional
Sumber: (JUSTIN TALLIS/AFP)

Beritana, Bangkalan - Word Health Organization/WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) memberikan pernyataan Selasa (17/3) bahwa meyakini manfaat vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca lebih besar daripada resikonya dan merekomendasikan untuk melanjutkan program vaksinasi menggunakan vaksin tersebut.

Setelah adanya laporan pembekuan darah bagi pasien yang menerima Vaksin AstraZeneca WHO mencatat sejumlah negara Uni Eropa telah menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca itu.

Pernyataan WHO itu mengatakan bahwa vaksinasi apapun terhadap Virus Corona tidak akan mengurangi penyakit ataupun kematian yang diakibatkan oleh penyakit lain. Organisasi Kesehatan Dunia juga mencatat pembekuan darah yang dikenal dengan peristiwa Tromboemboli yang diketahui sering terjadi dan merupakan hasil dari Tromboemboli Vena, penyakit kardiovaskular ketiga paling umum di dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa sudah biasa dalam kampanye vaksinasi, negara-negara mencatat kemungkinan efek samping setelah di vaksin dan itu merupakan langkah yang baik untuk menyelidikinya. Tetapi itu tidak berarti kejadian tersebut terkait dengan vaksinasi.

Pernyataan itu mengatakan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia telah melakukan kontak secara teratur dengan regulator obat Eropa, European Medicines Agency (EMA) dan regulator lain di seluruh dunia untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai kemananan vaksin Covid-19.

Badan Regulator Obat Uni Eropa juga menyelidiki laporan pembekuan darah, tetapi hari Selasa membuat pernyataan serupa tentang manfaat versus resiko Vaksin. WHO mengatakan Komite Penasihat Global untuk keamanan vaksin terus memeriksa dengan cermat data keamanan terbaru yang tersedia untuk vaksin AstraZeneca, dan akan segera menyampaikan penemuannya.

What's your reaction?

Facebook Conversations