Pesawat Ruang Angkasa China Telah Berhasil Mengabadikan Foto Planet Mars
Pesawat Ruang Angkasa China berhasil abadikan foto Planet Mars

Beritana, Bangkalan - Badan Antariksa China, Pada Jumat (5/2), mengatakan bahwa misi ekplorasi luar angkasa perdana mereka ke planet Mars telah berhasil menangkap gambar pertama planet merah itu. Gambar itu diabadikannya setelah enam bulan pesawat nirawak Tianwen-1 meninggalkan Bumi dalam misi ke planet Mars.

China National Space Administration/CNSA (Administrasi Luar Angkasa Nasional) mengatakan pesawat nirawak Tianwen-1 mengambil gambar planet Mars dari jarak sekitar 2,2 juta km dari planet itu, mereka merilis foto planet Mars berwarna hitam-putih.

CNSA dalam sebuah pernyataan mengatakan pesawat nirawak Tianwen-1 itu sekarang hanya setengah jarak dari planet Mars dan sekitar 184 juta kilometer dari bumi setelah 197 hari dalam misinya.

Pesawat nirawak Tianwen-1 diluncurkan pada Juli dari pulau Hainan, Selatan Tiongkok (China) dan diharapkan mencapai orbit Planet Mars bulan ini. Pada bulan Mei 2021, pesawat tersebut berencana mendarat di Utopia Planitia , sebuah daratan di belahan utasa planet Mars.

Jika berhasil, Tianwen-1 akan menjadikan China sebagai negara pertama yang mengorbit, mendarat dan mengerahkan penjelajah dalam misi perdananya ke planet Mars.

China sebelumnya mengajukan tawaran misi Mars pada tahun 2011 ke Rusia, tetapi pesawat luar angkasa Rusia yang membawa wahana itu gagal keluar dari Orbit Bumi dan hancur di atas Samudra Pasifik

What's your reaction?

Facebook Conversations