Melekatnya kesenian di masyarakat

Beritana, Karya seni tidak sebatas fenomena keindahan saja. tetapi ia adalah sebuah ekspresi, tepatnya objektifikasi manusia pada ruang dan waktu dimana ia berada. segala hasil bentuk cipta manusia adalah fakta budaya yang seharusnya dipahami oleh masyarakat luas.

Motif  kesenian bali terinspirasi dari hasil peninggalan zaman budaya jawa dan Hindu kuno, dua kerajaan yang banyak mempengaruhi ragam kesenian ukiran bali adalah kerajaan padjajaran dan Majapahit. motif ini semakin mengalami kemajuan sehingga muncul variasi tersendiri. karya seni bali memiliki kisah tersendiri dalam setiap penciptanya. karya ukir bali banyak dikerjakan dibatu, kayu. ukiran  tradisional bali biasanya berbentuk dewa-dewi yang sangat sacral. dan  Secara umum, ciri-ciri khas dari seni ukiran bali, yaitu motif bunga, daun, dan buah yang merupakan perpaduan bentuk cembung dan cekung. tidak hanya itu bisa berberbentuk hewan, manusia, wajah wajah penuh dengan ekspresi, pintu, hiasan dingding, pohon dan banyak lagi.

Proses pembuatan seniman yang sudah terbiasa membuat ukiran, maka bahannya yang akan di ukir tidak perlu di gambar tetapi langsung diukir kebahannya. Seni ukir ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 50.0000, hingga puluhan juta .kalian bisa membeli lewat transaki online maupun offline dengan datang langsung ke bali, sekalian menikmati keindahan yang ada di Bali. Namun, apabila kita masih belajar mengukir lebih baik didahulukan dengan menggambar desainnya terlebih dahulu. Proses mengukir ini dilakukan dengan palu dan satu set pahat ukir dalam berbagai ukuran. lalu kayu yang sudah diukir tersebut ,kemudian dihaluskan sampai benar-benar halus dan untuk cat yang digunakan biasanya memamakai jenis cat pelapis kayu anti jamur, awet dan sesuai dengan tuntutan konsumen yang termasuk produk ramah lingkungan .setelah itu, tahap finishing hingga siap digunakan atau dijual.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations