Vatikan

Beritana, Bangkalan - Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus, memimpin Misa Minggu untuk memperingati 500 tahun masuknya ajaran Kristen ke Filipina.

Misa itu dibuka dengan prosesi dalam kostum tradisional Filipina dan juga dirayakan dengan kehadiran beberapa perwakilan Gereja Filipina, termasuk Uskup Agung Filipina Kardinal Luis Antonio Tagle di Baliska Santo Petrus.

Pemimpin Gereja Katolik itu dalam khotbahnya mengatakan bahwa setengah abad yang lalu warga Filipina menerima kitab Injil dengan suka cita, dan kegembiraan itu terbukti pada rakyat anda (Filipina). Kita melihat di mata, wajah, lagu-lagu dan doa mereka, dan juga kegembiraan seiring kedatangan ajaran baru di negeri lain.

Paus Fransiskus itu juga mengakui bagaimana ajaran kristiani ditunjukkan dirumah-rumah banyak warga Italia yang dimana warga Filipina bekerja sebagai pengasuh, penjaga anak-anak dan pembantu rumah tangga.

Filipina, yang merupakan negara dengan penduduk beragama Katholik terbesar ketiga di dunia itu memperingati pembaptisan lebih dari 800 orang Filipina pada 1521 di pulau cebu, yang mengawali sejarah panjang penginjilan di sana. Dan pada tahun 1595 didirikan provinsi Gereja pertama di Filipina.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations