UE perkirakan ekonomi akan melambung
lagi tahun ini

Beritana, Bangkalan - Para Pejabat Uni Eropa memperkirakan bahwa ekonomi di kawasan itu akan kembali tumbuh melambung nantinya, pada pertengahan tahun, selama masih terus ada kemajuan dalam mengatasi pandemi.


Uni Eropa dalam laporan kuartalan yang dirilis Kamis (11/2) memperkirakan pertumbuhan akan mencapai 3,7 persen tahun dan akan sedikit lebih baik lagi pada tahun depan.


Laporan itu juga mengutip perlambatan ekonomi yang pada akhir 2020 sementara negara-negara kembali memberlakukan lockdown di tengah-tengah gelombang baru infeksi Virus Corona.


"Pertumbuhan ekonomi akan siap dimulai kembali pada musim semi dan mendapat momentumnya pada musim panas sementara program vaksinasi mengalami kemajuan dan langkah-langkah pembatasan secara bertahap melonggar," sebut laporan itu.


Laporan itu juga mencatat tingkat tertinggi ketidakpastian dalam perkiraan, dengan tingkat pengangguran yang tinggi dan lockdown Yeng berlangsung terus-menerus berpotensi memperlambat tingkat pertumbuhan, tetapi juga ada potensi bagi vaksinasi yang lebub cepat yang akan dapat mendorong ekonomi negara-negara anggota membuka diri dengan lebih baik.


Menurut laporan itu beberapa bulan terakhir ini lebih menantang tetapi kesulitan hampir berakhir.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations