Asia Pasifik
Sumber Foto: shr.nu

Beritana, Bangkalan - Menjelang terbitnya laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), para pejabat China memberikan arahannya kepada para diplomat Jumat (26/3) tentang penelitian terhadap asal-usul virus Corona yang masih berlangsung hal tersebut dilakukan dikarenakan akan terbitnya laporan tersebut.

Pengarahan China terhadap para diplomat itu tampaknya merupakan usaha dari negara yang mempunyai julukan negeri tirai bambu itu untuk memaparkan pandangannya terkait laporan itu, yang saat ini terjerat dalam sebuah pertikaian diplomatik.

Independensi dan pengaruh China dari temuan-temuan laporan itu, menjadi pertanyaan bagi Amerika Serikat dan negara-negara lainnya, sedangkan China menuduh para pengecamnya berusaha mempolitisir sebuah studi ilmiah.

"Kami bermaksud untuk memperlihatkan keterbukaan dan transparansi China dalam memerangi epidemi itu secara transparan dan tidak ada hal hal yang disembunyikannya." Kata seorang pejabat kementerian luar negeri China, Yang Tao.

Laporan mengenai asal-usul virus Corona telah ditunda beberapa kali berdasarkan lawatan pada tahun ini oleh Tim Ahli WHO yang terdiri dari pakar internasional ke Wuhan yang dimana kota tersebut merupakan ditemukan infeksi pertama Virus Corona (Covid-19) yang pertama dilaporkan pada akhir 2019.

Tim Ahli WHO yang Bekerjasama dengan rekan setara di China dan kedua pihak telah menyepakati laporan akhirnya dan tidak kapan laporan itu akan diterbitkan.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations