Arsenal Menjaga Peluang Lolos Tampil Liga Eropa Musim Depan Setelah Bungkam Sang Juara
Foto: fanspage Arsenal

Beritana.com, London- Arsenal sukses membungkam Juara Liga Inggris 2019-2020 dengan skor 2-1 di Emirates Stadium, pada Kamis (16/7/2020), dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, peluang Arsenal tampil di Liga Eropa musim depan terus terjaga. Karena, kini Arsenal hanya terpaut enam poin dari Leicester City yang berada di posisi keempat kelasmin. Leicester sendiri baru akan memainkan matchday dini hari besok kontra Sheffield United.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Meski bertindak sebagai tim tamu, Liverpool memulai babak pertama laga kontra Arsenal dengan tempo permainan yang cepat. Alhasil, Liverpool pun mendapatkan beberapa kans untuk bisa langsung unggul atas Arsenal. Namun beberapa kans mereka masih gagal membuahkan hasil.

Pada menit ke-20, Liverpool berhasil membuka keunggulan mereka atas Arsenal melalui gol dari Sadio Mane. Ya, Mane berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai sepakannya yang meneruskan sodoran dari Andy Robertson gagal diamankan oleh Emiliano Martinez.

Tertinggal 0-1, membuat Arsenal coba keluar menekan pertahanan Liverpool. Kubu tuan rumah pun hampir menyamakan kedudukan, jika umpan tarik dari Reiss Nelson yang ditujukan kepada Alexandre Lacazette tidak dipotong dengan baik oleh Joe Gomez.

Memasuki 30 menit babak pertama berjalan, Liverpool yang mendominasi jalannya pertandingan hampir saja mencetak gol kedua mereka ke gawang Arsenal. Namun beberapa kali peluang yang didapat Liverpool harus kandas.

Pada menit ke-31, Arsenal berhasil menyamakan kedudukan melaui gol Lacazette. Memaksimalkan blunder yang dilakukan Virgil van Dijk, Lacazette yang bergerak bebas lalu melepaskan tembakan yang tak bisa diantisipasi oleh Alisson Becker. Arsenal 1-1 Liverpool.

Babak pertama hanya menyisahkan 7 menit lagi, Liverpool hampir kembali unggul atas Arsenal. Mane yang mendapatkan umpan sepak pojok dari Robertson, menyambutnya dengan sebuah upaya sundulan. Tapi bola hasil sundulan Mane masih belum tepat sasaran.

Di pengujung babak pertama, Arsenal justru berhasil berbalik unggul atas Liverpool jadi 2-1. Kali ini giliran Nelson yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, usai sepakan yang yang meneruskan umpan dari Lacazette gagal digapai oleh Alisson.

Hingga 45 menit pertama berakhir, tidak ada gol tambahan yang mampu dicetak oleh kedua kesebelasan. Kedudukan 2-1 untuk keunggulan Arsenal atas Liverpool masih menghiasi papan skor babak pertama pertandingan ini.

Babak Kedua

Tertinggal 2-1, membuat Liverpool memulai babak kedua pertandingan ini dengan langsung memberikan tekanan ke pertahanan Arsenal. Liverpool pun hampir saja menyamakan kedudukan, jika Robertson berhasil memaksimalkan kemelut di mulut gawang Arsenal jadi gol.

Tidak berselang lama, Liverpool kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa menyamakan kedudukan. Kali ini giliran Mohamed Salah yang hampir saja mencatatkan namanya di papan skor. Tapi sundulannya usai meneruskan umpan dari Trent Alexander-Arnold masih melambung di atas gawang Arsenal.

Pada menit ke-60, Liverpool lagi-lagi mendapatkan peluang bagus untuk bisa menyamakan kedudukan dari Arsenal. Georginio Wijnaldum yang mendapatkan umpan silang dari Alexander-Arnold, lalu menyambutnya dengan sundulan. Namun sundulannya masih belum tepat sasaran.

Berjarak 4 menit, Takumi Minamino hampir saja mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mengubah kedudukan jadi 2-2. Namun sepakan kaki kanan Minamino dari luar kotak penalti Arsenal masih menyampin di sisi kiri gawang Martinez.

Ketika pertandingan memasuki 20 menit terakhir, Liverpol kembali harus gagal mencetak gol penyeimbang kedudukan. Kali ini giliran upaya sundulan Salah yang meneruskan umpan dari Robertson yang masih mampu diantisipasi dengan baik oleh Martinez.

Mane hampir saja mencatatkan brace-nya di pertandingan ini sekaligus membawa Liverpool menyamakan kedudukan tepatnya pada menit ke-85. Namun upaya sepakan Mane dari dalam kotak penalti, masih belum membuahkan hasil positif.

Di pengujung pertandingan, Arsenal hampir saja memperbesar keunggulan mereka jadi 3-1 melalui peluang yang didapat Joe Willcok. Akan tetapi sepakan voli Willock meneruskan umpan dari Pierre-Emerick Aubameyang masih belum menemui sasaran.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang mampu tercipta. Tim tuan rumah, Arsenal, pun berhasil menyudahi pertandingan kontra tamunya, Liverpool, dengan kemenangan 2-1.

Susunan Pemain:

Arsenal (3-4-3): Emiliano Martinez; Rob Holding, David Luiz, Kieran Tierney; Cedric Soares (Ainsley Maitland-Niles 77’), Lucas Torreira (Dani Ceballos 57’), Granit Xhaka, Reiss Nelson (Joe Willock 57’); Nicolas Pepe, Alexandre Lacazette (Pierre-Emerick Aubameyang 57’), Bukayo Saka (Sead Kolasinac 85’).

Pelatih: Mikel Arteta

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil Van Dijk, Andrew Robertson; Fabinho, Georginio Wijnaldum (Xherdan Shaqiri 83’), Alex Oxlade-Chamberlain (Naby Keita 61’); Sadio Mane, Mohamed Salah (Divock Origi 83’), Roberto Firmino (Takumi Minamino 61’).

Pelatih: Jurgen Klopp

YOUR REACTION?

Facebook Conversations