Masa pandemi membuat kita semakin terbatas melakukan aktivitas di luar ruangan. Perasaan suntuk, bosan pasti sering mampir dalam hari-harimu. Nonton drama Korea merupakan salah satu solusi melepaskan rasa suntuk tersebut. Berikut drama Korea tahun 2020 yang wajib kamu tonton.

1. Crash Landing On You

Crash Landing On You

Drama ini menceritakan tentang kisah asmara tentara Korea Utara dengan perempuan konglomerat Korea Selatan. Keduanya dipertemukan secara tidak sengaja di sebuah hutan perbatasan militer. Tentara Korea Utara tersebut dengan terpaksa menyembunyikan perempuan tersebut di kamp militernya hingga terjalin asmara di antara mereka. 

Selain membuat hanyut penonton, drama ini juga memiliki unsur komedi yang membuatnya semakin menarik. Drama ini diperankan oleh Hyun Bin dan Son Ye Jin. Drama yang tayang dari 14 Desember 2019 sampai 16 Februari 2020 ini berhasil mencapai rating tertinggi sebesar 21,683 persen skala nasional Korea Selatan.

2. Itaewon Class

Itaewon Class

Drama yang diangkat dari Webtoon ini dibintangi oleh Park Seo-joon, Kim Da-mi, Yoo Jae-myung, dan Kwon Nara. Menceritakan tentang mantan narapidana Park Sae-roy yang hidupnya berantakan usai berhenti sekolah akibat meninju perundung yang berasal dari keluarga kaya. Mengikuti langkah ayahnya, ia akhirnya mendirikan bar DanBam di Itaewon dengan manager dan para stafnya. 

Kisah mengharukan dan penuh perjuangan tersaji dalam drama ini. Episode terakhir Itaewon Class meraih peringkat 16,548% dari pemirsa nasional dan menjadikannya drama berperingkat tertinggi kedua di JTBC dan berhasil meraih peringkat tertinggi keenam dalam sejarah pertelivisian Korea. 

3. It's Okay to Not Be Okay

It's Okay to Not Be Okay

Drama ini menceritakan tentang perjuangan dua karakter utama, Ko Moon Young, diperankan Soe Ye Ji, dan Moon Kang Tae, nama karaker Kim Soo Hyun, pulih dari emosi, serta isu psikologi yang dialami. Selain itu, kehidupan asmara mereka yang tidak biasa menyita perhatian penonton. 

Berdasarkan data Nielsen Korea, episode terakhir It's Okay to Not Be Okay mencetak rata-rata rating nasional sebesar 7,3 persen dan puncak 7,6 persen. Ini merupakan pencapaian tertinggi sepanjang masa penayangan drama Korea tersebut. 

Selain itu, episode terakhir drama Korea It's Okay to Not Be Okay juga menempati posisi pertama dalam slot waktu tayang yang sama di semua saluran TV kabel.

4. The King: Eternal Monarch

The King: Eternal Monarch

Drama ini dilakoni oleh Lee Min-ho dan Kim Go-eun. Dalam drama ini, Lee Min Ho berperan sebagai Kaisar Korea, Lee Gon. Sementara Kim Go Eun memerankan dua tokoh sekaligus, Jong Tae Eul dan Luna, yang memiliki karakter bertolak belakang.

Kisah asmara Lee Gon dan Jong Tae-eul mampu menyita emosi penontonnya. Menurut data yang dirilis oleh Nielsen Korea, episode terakhir drama ‘The King: Eternal Monarch’ memperoleh rata-rata rating sebesar 5,8% dan 8,1%.

Selama penayangan, drama ‘The King: Eternal Monarch’ ini sempat mengalami rating nasional terendah sebesar 5,2% pada episode ke-11, dan rating tertinggi 11,6% pada episode ke-2.

5. Start-Up

Start-Up

Salah satu drama yang sedang tren di Indonesia adalah Start-Up. Drama yang dibintangi oleh Nam Jo-hyuk, Bae Suzy, Kim Seon-ho, dan Kang Han-na. Drama ini disiarkan di tvN setiap Sabtu dan Minggu pukul 21:00 mulai 17 Oktober hingga 6 Desember 2020 dan juga tersedia untuk penonton internasional melalui Netflix. 

Kisah yang berlatar belakang di kawasan fiksi Korea Selatan Silicon Valley yang disebut Sandbox dan menceritakan kisah orang-orang di dunia perusahaan startup. Di sisi lain, drama ini mengisahkan cinta segitiga yang terjadi antara Nam Do-san (Nam Jo-hyuk), Seo Dal-mi (Bae Suzy) dan Han Ji-pyeong (Kim Seon-ho) yang menjadi daya pikat penonton. Bahkan, para fans menciptakan kubu atau tim Nam Do-san dan tim Han Ji-pyeong yang menjadikan drama ini bak Pilpres yang terus menempati posisi trending di media sosial. 

Selama penayangannya, drama Start Up sendiri meraih rating pemirsa yang relatif stabil. Menurut Nielsen Korea, episode terakhir drama ini mencetak rata-rata rating nasional sebesar 4,9 persen dan 5,2 persen untuk dua bagiannya.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations