Mahasiswa Demo Depo Pertamina Surabaya
Mahasiswa Demo Depo Pertamina Surabaya

Beritana, Surabaya - Pasca insiden kebakaran dahsyat Depo milik PT Pertamina (Persero) di Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat, 3 Maret 2023 lalu, Rumah Kebangsaan Jawa Timur menggelar aksi demonstrasi di Depo Pertamina Tanjung Perak, Surabaya, pada Kamis 13 April 2023.

Seperti diketahui, selain menghanguskan sejumlah bangunan, kebakaran ini juga menyebabkan 17 orang meninggal dunia, lebih dari 50 orang luka-luka, dan ratusan orang lainnya mengungsi.

Selain itu, kebakaran Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai, Provinsi Riau, juga terjadi pada Sabtu 1 April 2023. Akibatnya, kebakaran memakan korban, sebanyak 5 orang yang terkena pecahan kaca di shelter operator. 

"Kami menduga sejak awal perihal baffer zone Pertamina pun kurang diseriusi. Pasalnya, Masih banyak depo atau terminal BBM (TBBM) milik Pertamina yang berimpitan dengan permukiman warga, " kata Sekretaris Rumah Kebangsaan Jawa Timur, Edwin Rilo Pambudi. 

Ia menilai, juga ada ada sembilan depo milik Pertamina yang berisiko tinggi dan bisa menimbulkan dampak seperti kebakaran di area depo BBM Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara.

Atas hal itu, Rilo bersama mahasiswa yang tergabung dalam Rumah Kebangsaan Jawa Timur tidak akan tutup mata atas kasus yang sudah ada dan berdampak kerugian materiil dan non materiil bagi masyarakat dan juga bagi perekonomian negara. 

Menurutnya, Pertamina dengan sengaja lempar tanggung jawab terkait keselamatan warga disekitar Depo Tanjung Perak dengan tidak adanya buffer zone dan lebih seakan-akan menyalahkan Pelindo sebagai pemilik tanah dengan alasan Pertamina sebagai penyewa tempat di Depo Perak Barat.

"Kami menutut PT Pertamina Patra Niaga Jatim, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) yang notabene punya Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau Depo Pertamina di Jalan Perak Barat, Surabaya, yang berdekatan dengan permukiman warga untuk turut aktif dalam upaya mitigasi resiko,"tegasnya.

Rilo berharap agar tuntutan tersebut bisa ditindaklanjuti. Dengan harapan, meminimalisir kembalinya terjadi kebakaran depo Pertamina.

Beritana
Official Verified Account

What's your reaction?

Facebook Conversations