PKC PMII Jawa Timur Inisiasi Gerakan Peduli Semeru
Erupsi Gunung Semeru memantik solidaritas banyak pihak. Pasalnya, gunung yang terletak di
Warga saat mengevakuasi diri dari letusan erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Foto: AFP/JUNI KRISWANTO

Beritana, Surabaya - Erupsi Gunung Semeru memantik solidaritas banyak pihak. Pasalnya, gunung yang terletak di dua kabupaten itu memakan banyak korban. Salah satunya, aksi kemanusiaan itu dilakukan oleh Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur.

Organisasi biru-kuning itu membuka open donasi. “Untuk pembangunan rumah warga dan rumah ibadah,” tutur Agus Sholeh, Koordinator PMII Jatim Peduli Semeru. Menurutnya, kebutuhan papan korban erupsi Semeru penting disoroti. 

Ia menilai keberadaan tempat tinggal dan rumah ibadah merupakan kebutuhan dasar manusia. Lebih-lebih korban erupsi. Menurutnya, sebagai organisasi mahasiswa yang menganut nilai-nilai kemanusiaan wajib untuk peduli terhadap korban. 

“Apalagi kita merupakan mahasiswa yang diajarkan apa itu saling tolong-menolong. Mungkin, dengan open donasi ini menjadi momentum yang tepat untuk memantik kesadaran dan kepekaan masyarakat. Khususnya kader-kader PMII,” jelasnya. 

Hablum min An-nas, ia melanjutkan, merupakan nilai dan semangat yang harus dituangkan pada tindakan nyata. “Bukan sekedar selesai di ruang-ruang diskusi,” tegasnya. Hanya saja, ia mewanti-wanti kepada seluruh kader-kader PMII bahwa kepedulian dan kepekaan ini mesti disertai dengan kajian-kajian kritis. 

“Bagaimana sebenarnya kondisi sebelum Semeru memuntahkan awan panas itu. Bagaimana sebenarnya kondisi peringatan dini. Bagaimana penyadaran masyarakat akan tangguh bencana. Atau terkait mitigasi bencana. Itu merupakan hal penting yang harusnya juga kita ciptakan,” jelasnya. 

Catatan kritis itu, bagi Agus, menjadi penting untuk tetap menunjukkan bahwa keberadaan organisasi mahasiswa bukan sekadar mencari solusi jangka pendek. “Selain membuat catatan kritis kita mesti terus memantau kehadiran negara,” katanya. 

Agus mengaku, PKC PMII Jawa Timur hari ini tengah mempersiapkan beberapa tindakan. “Salah satunya jangka pendek dengan open donasi ini,” akunya. Aksi nyata itu, lanjutnya, diharapkan dapat meringankan beban korban terdampak erupsi Gunung Semeru. “Melalui donasi melalui transfer ke nomor rekening 0017765507 a.n PKC PMII JAWA TIMUR - Bank Jatim,”  harapnya.

What's your reaction?

Facebook Conversations