Bahan Alami, Inilah Pertologan Pertama pada Gusi Bengkak Versi SehatQ
Gusi bengkak memang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, mulai dari kesulitan makan dan menyebabkan efek nyilu dan nyeri. Ketika Anda mengalami gusi bengkak dan belum bisa mengobati secara medis segera, jangan....
(Stefano Garau/Shutterstock)

Beritana Gusi bengkak memang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, mulai dari kesulitan makan dan menyebabkan efek nyilu dan nyeri. Ketika Anda mengalami gusi bengkak dan belum bisa mengobati secara medis segera, jangan khawatir. Selain menggunakan obat gusi bengkak seperti Hidrogen Peroksida, Ibuprofen, Paracetamol, Chlorhexidine, terdapat beberapa ramuan herbal yang juga dipercaya dapat mengatasi gusi bengkak dan rasa nyeri akibatnya. 

Mengutip dari SehatQ, sebuah portal yang memuat berbagai artikel kesehatan, informasi dan tips menyebutkan beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama pada gusi bengkak yang ada di sekitar Anda, antara lain:

1. Berkumur dengan air garam

Garam memiliki kandungan mineral kristal atau natrium (Na) dan klorin (cl). Natrium dan klorin merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh sebab ia berperan membantu otak dan saraf untuk mentransfer impuls listrik. Selain menjadi bumbu dapur, garam juga digunakan sebagai pengawet makanan sebab bakteri sulit tumbuh dalam ruang yang ‘bergaram’, hal ini menyiratkan bahwa garam memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri dan kuman. 

Gusi yang membengkak dapat disebabkan oleh keadaan mulut yang kurang terjaga sehingga dihinggapi banyak kuman. Di sini, garam memiliki benefit untuk mengatasi kuman yang ada di mulut. Berkumur dengan air garam dapat mengatasi nyeri yang disebabkan oleh gusi yang bengkak tersebut. 

Gunakan air hangat untuk melarutkan garam sekitar 1 sendok teh, kemudian kumur-kumur air garam selama beberapa detik secara menyeluruh ke dalam mulut. Pastikan tidak ada ruang yang terlewati oleh air garam. Anda dapat melakukannya sebanyak dua kali sehari hingga nyeri di gusi Anda mereda. 

2. Kompres dengan es batu

Es batu menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengatasi nyeri pada gusi bengkak. Suhu dingin dapat meredakan saraf pemicu nyeri menjadi mati rasa sehingga nyeri dapat menghilang. Caranya pun mudah, bungkuslah beberapa es batu dalam kain lap atau semacamnya, lalu ditempelkan pada daerah gusi yang bengkak atau nyeri. 

3. Kompres dengan air hangat 

Sama dengan es batu, air hangat juga dapat meredakan nyeri yang disebabkan oleh gusi yang bengkak. Basahi kain waslap dengan air hangat, peraslah terlebih dahulu. Lalu tempelkan pada bagian yang sakit atau nyeri. Sebagai pengingat, jangan langsung tempelkan kain yang baru dicelupkan dalam air hangat, sebab hal itu dapat menyebabkan kulit Anda terbakar. 

4. Kunyit

Kunyit memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Kurkumin dalam kunyit memiliki senyawa antioksidan yang dapat membantu tubuh menangkal serangan radikal bebas. Selain antioksidan, kurkumin tersebut diketahui memiliki aktivitas sebagai antibakteri sehingga dapat melawan bakteri penyebab infeksi pada gusi dan meredakannya. 

Selain itu, sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Indian Society of Periodontology menyebutkan bahwa kunyit memiliki manfaat sebagai pencegah terbentuknya plak gigi dan resiko radang gusi (gingivitis).

Cara membuat ramuan kunyit ini adalah parutlah setengah ruas kunyit dan campurlah dengan sedikit air, Anda juga dapat menggunakan bubuk kunyit dan mencampurinya dengan sedikit air hingga tekstur mengental. Oleskan secukupnya pada gusi yang membengkak lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, kumur-kumur dengan air untuk membersihkannya. Anda dapat melakukan hal ini setidaknya sehari dua kali. Namun, perlu diperhatikan apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap bahan-bahan herbal seperti ini.  

5. Minyak esensial

Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh European Journal of Dentistry mengungkapkan bahwa minyak esensial (peppermint dan tea tree) dipercaya dapat mencegah pertumbuhan mikroorgaisme di area mulut, terutama gusi. Tentu saja, pertumbuhan bakteri yang ada di mulut dapat dicegah dengan minyak esensial ini. 

Untuk mengatasi gusi bengkak dengan minyak esensial, Anda dapat membuatnya dalam bentuk larutan. Teteskan 3 cairan minyak esensial ke dalam air hangat. Sama dengan garam, kumur-kumur secara menyeluruh ke dalam mulut, setidaknya dua kali sehari. Lakukan hingga nyeri pada gusi Anda mereda.  

6. Lidah buaya

Journal of Clinical and Experimental Dentistry pernah mempublikasikan sebuah hasil penelitian yang meyebutkan bahwa lidah buaya memiliki efektivitas yag sama dengan chlorhexidine, yaitu obat untuk gusi bengkak yang ampuh redakan nyeri gingivitis (radang gusi). 

Caranya yakni, masukkan 2 sendok makan lidah buaya ke dalam larutan air. Gunakan sebagai kumur-kumur. Lakukan hal ini sehari dua kali dalam sepuluh hari sampai nyeri pada gusi Anda mereda. 

Berikut 6 langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi bengkak pada gusi. Jika bengkak pada gusi Anda belum kunjung mereda dan mengalami gejala yang makin serius seperti gusi yang bengkak terasa sangat sakit, berdarah, dan menyebabkan nyeri pada mulut dan otot-otot rahang dan leher, segeralah konsultasikan ke dokter gusi dan mulut untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sumber: sehatq.com

YOUR REACTION?

Facebook Conversations