Kapal Kargo 'Ever Given' Nyangkut di Terusan Suez, Mesir Berhasil Dikeluarkan
Dunia
Sumber Foto: MAXAR TECHNOLOGIES via AP

Beritana, Bangkalan - Kapal Kontainer yang nyangkut di Terusan Suez, Mesir akhirnya bisa dibebaskan oleh tim penyelamat pada Senin (29/3), yang hampir satu minggu memblokade jalur tersebut

Keberhasilan dalam membuka jalur perairan terpenting dan tersibuk di dunia itu mengakhiri krisis dunia yang telah dirugikan milliaran dolar setiap harinya dikarenakan berhentinya perdagangan maritim akibat kapal tersebut.

Satu armada kapal tunda dan dibantu oleh arus gelombang menarik perangkat yang menonjol di haluan bagian depan kapal, yang berada tepat dibawah bulbous bow atau garis air dari kapal yang seukuran gedung pencakar langit 'Ever Given' dari tepi Terusan Suez yang berpasir. Kapal Kargo itu telah nyangkut di Terusan Suez, Mesir sejak 23 Maret.

Perusahaan Perkapalan Evergreen Marine Corp merupakan perusahaan yang mengoperasikan kapal itu.

Evergreen Marine Corp mengatakan bahwa kapal kontainer itu sedang dalam perjalanan hamparan yang luas di tengah-tengah ujung selatan dan utara Jalur itu yang disebut Great Bitter Lake, yang dimana disitu kapal tersebut akan diperiksa.

Leth Agencies, Perusahaan Layanan Terusan Suez mengatakan bahwa ada 40 kapal yang berlabuh di  Great Bitter Lake menunggu kapal Ever Given keluar dari mulut Terusan Suez. Pada Senin (28/3) akhirnya kapal itu bisa melanjutkan perjalanannya ke selatan melewati jalur itu. Sementara itu kapal yang berada di belakang Kapal yang nyangkut itu berlabuh Port Said di Laut Tengah untuk memasuki Terusan Suez itu.

Setelah dilanda badai pasir, Kapal Kontainer itu menabrak tepian kanal satu jalur sekitar 6 kilometer di utara pintu masuk Terusan Suez, dekat kota Suez, hal tersebut menimbulkan kemacetan yang mengakibatkan kerugian perdagangan global senilai $9 miliar per hari dan masalah rantai pasokan yang sudah terdampak pandemi Covid-19 ini.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations