KH Nawawi Wafat
Sumber foto: internet

Beritana, Bangkalan - Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Jawa Timur, KH Nawawi Abdul Jalil meninggal dunia, Minggu (13/6/2021).

Kabar tersebut disampaikan oleh pihak keluarga Mas d. Nawawi Sadoellah di akun Facebook pribadinya

Innãlillãhi wa innâilahi rãjiün. Telah wafat KHA. Nawawi Abd. Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri. Hari ini Ahad, 13 Juni 2021, sekitar 16.40 wib. Semoga Allãh merahmatinya...

Akun twitter resmi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim), @pwnujatim. Juga menyampaikan belasungkawa atas wafatnya ulama yang juga merupakan mustasyar PBNU dan juga menjadi anggota tim Ahwa pada muktamar ke-33 NU tahun 2015 di Jombang

"إنا لله ا ليه اجعون

Segenap keluarga besar Nahdlatul Ulama yang mendalami atas wafatnya KH Mas Nawawi Abdul Jalil Sidogiri Pasuruan.

Kiai Nawawi Abdul Djalil melanjutkan kepemimpinan pondok pesantren Sidogiri sejak 2005. Di gantikan pengasuh Pesantren Sidogiri sebelumnya, KH Abdul Alim bin KH Abdul Jalil yang wafat pada 2005. 

Selama hidupnya, Kiai Nawawi mengasuh Pesantren Sidogiri menjadi model pesantren mandiri melalui pengembangan BMT-BMT Syariah yang menyebar, terutama di hampir setiap kabupaten di Jawa Timur.  

Kiai Nawawi juga dikenal sebagai pengasuh Pesantren Sidogiri yang sangat dekat dengan para santrinya. Dia mengontrol sendiri kamar-kamar santri di malam hari.Dia menginginkan para santri beribadah dan memuthala'ah (mempelajari) pelajaran di malam hari.

Pesantren Sidogiri sendiri didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban (yang wafat pada 1766 M). Sayyid Sulaiman tidak lain keturunan keempat Syekh Syarif Hidayatullah yang biasa dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations