PMII Banyuwangi Angkat Slogan #TolakTambangtumpangPitu pada Kongres PB PMII
Pengurus Cabang Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Banyuwangi akan membawa rekomendasi tentang lingkungan di Kongres XX PB PMII yang di laksanakan tanggal 17-20 Maret 2021 mendatang...
sumber: kompas.com

Beritana– Pengurus Pergerakan Cabang Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Banyuwangi akan membawa rekomendasi dengan hastag #TolakTambangTumpangPitu pada Kongres XX PB PMII yang di laksanakan tanggal 17-20 Maret 2021 mendatang.

Keadaan Tumpang Pitu sangat memperihatinkan yang dulunya berwarna hijau berubah menjadi kecokelat-cokelatan, ini pertanda bahwa pohon di hutan sudah habis dieksploitasi menjadi areal pertambangan. 

Aktivitas pertambangan di daerahnya itu telah berdampak buruk seperti kerusakan, pencemaran lingkungan dan mengancam keberlangsungan ekosistem laut.

Syaifurrohman, Ketua PC PMII Banyuwangi mengatakan kongres ini menjadi ajang konsolidasi gerakan untuk membicarakan pokok-pokok pikiran kerakyatan dan isu-isu lingkungan.

“Kami ingin menyampaikan kepada seluruh keluarga besar PMII se-Indonesia bahwa Kabupaten Banyuwangi mempunyai benteng tsunami di pesisir pantai selatan gunung tumpang pitu tapi benteng itu telah menjadi lahan tambang emas PT Bumi Suksesindo yang menuai banyak kecaman dari masyarakat,” ujar Syaifurrohman, Senin (15/03/2021).

“PMII Banyuwangi akan membawa rekomendasi konflik lingkungan di Banyuwangi dengan slogan #TolakTambangTumpangPitu,” imbuhnya.

Pihaknya akan merekomendasikan kepada Ketua Umum terpilih PB PMII untuk menjadikan isu lingkungan menjadi prioritas gerakan.

“Kami menginginkan Banyuwangi ini menjadi prioritas dalam advokasi Ketua Umum PB PMII kedepan,” pungkasnya.

Kongres kali ini di laksanakan di 6 Zona lokasi yakni Balikpapan, Samarinda, Batam, Bekasi, Lombok dan Kendari.

PMII Jatim, Bali, NTB dan NTT bertempat di Gedung BLK Lombok Timur Nusa Tenggara Barat.

Kongres PMII mengangkat tema “Organisasi Maju untuk Peradaban Baru” akan di laksanakan secara hybrid atau perpaduan antara online dan offline berpusat di Gedung Kesenian Balikpapan Kalimantan Timur.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations