Rusia
Sumber Foto: AFP

Beritana, Bangkalan - Sebanyak lima ratus pesawat tanpa awak (nirawak) atau yang biasa di sebut Drone diluncurkan di Rusia tepatnya di kota Veliky Novgorod, pada Minggu malam (11/4) dalam pertunjukan spektakuler untuk memperingati 60 tahun penebangan pertama manusia ke luar angkasa.

Pesawat nirawak itu membentuk sebuah roket yang digunakan oleh kosmonot berkebangsaan  Uni Soviet, Yuri Gagarin, yang merupakan manusia pertama yang terbang selama 108 menit ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1. Pada 11 April 1962, dan juga membentuk satelit pertama di dunia Sputnik dan juga stasiun luar angkasa internasional.

Tak hanya itu sejumlah acara dilangsungkan di seluruh Rusia untuk memperingati hal itu.

Misi Yuri Gagarin itu menandai pencapaian bersejarah Uni Soviet dan misi itu berdurasi 108 menit dan juga membawa Rusia ke era antariksa. Yang mengalahkannya negeri Paman Sam (AS) dalam pertarungan sengit untuk meluncurkan manusia di luar atmosfir bumi.

Bagi rakyat Uni Soviet nama lain Rusia ketika itu penerbangan luar angkasa pertama Gagarin merupakan kemenangan yang signifikan. Hal tersebut menambah kebanggaan bagi negara Rusia sejak 12 April 1961, yang merupakan simbol keberanian dan kecakapan teknologi negara.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations