Generasi Baru Indonesia (GenBI), ) Jember melangsungkan program kerja GenBI Hidroponik yang dikemas

Beritana, Jember -- Generasi Baru Indonesia (GenBI), ) Jember melangsungkan program kerja GenBI Hidroponik yang dikemas dalam kegiatan sharing seputar hidroponik yang bertema “Bertani di Rumah, Berani Berubah” di Green House Bumi Mangli, Sabtu (24/10/2020).

Jember merupakan salah satu solusi alternatif berkebun hingga bisa mendatangkan penghasilan bagi masyarakat dengan memanfaatkan sisa lahan di pekarangan rumah untuk menanam berbagai jenis tanaman sayur. 

Mengingat kondisi pandemi kegiatan di rumah terkadang sering membosankan, apalagi diharuskan diam hampir berminggu-minggu, untuk mengisi waktu selama berada di rumah tidak ada kegiatan di luar, tidak ada salahnya membuat kesibukan tersendiri namuwn sangat bermanfaat dan bisa menguntungkan.

Maka Proker Hidroponik GenBI Jember berinisiatif untuk mengadakan kegiatan sharing hidroponik mengundang Achmad Zaini (Ketua Generasi Muda Hidroponik) berbagai macam pengalaman dalam berhidroponik. Kegiatan ini meliputi sharing dan praktik langsung oleh pemateri dan praktikan yang disiarkan secara online melalui media Google Meet.

“Hidroponik bisa dijadikan kegiatan membunuh waktu selama masa karantina, tak hanya itu, sayuran hidroponik diklaim lebih sehat dibandingkan sayuran konvensional. Sebab, bertanam sayuran dengan teknik hidroponik bebas dari pestisida” tutur Achmad Zaini 

Ada beberapa tahapan budidaya hidroponik yaitu Penyemaian, Pidah tanam ,Perawatan, Panen dan Pasca Panen. Alat yang dibutuhkan pH Meter dan TDS. Sedangkan bahan-bahan yang dibutuhkan adalah benih,media tanan,nutrisi AB Mix, Netpot dan Kain Flanel

Arki Vanessa Putri, Team Leader, menjelaskan bahwa dari berbagai masalah pangan dan lahan maka program kerja GenBI Hidroponik ingin mengajak teman-teman untuk mulai berhidroponik di rumah masing-masing dengan memanfaatkan lahan dan biaya yang minim. “Ya, seperti tag line GenBI, ini cara kami menjadi energi untuk negeri”, katanya.

Tujuan diadakannya sharing dan praktik langsung yaitu mengetahui lebih jauh tentang bercocok tanam secara hidroponik. Output yang dapat dihasilkan bagi sekitar jika melakukan hidroponik yaitu dapat memanfaatkan lahan sekitar untuk hal lebih penting karena jumlah penduduk dan kebutuhan pangan semakin meningkat, namun di sisi lain jumlah lahan semakin berkurang maka menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan lahan pertanian di Indonesia dengan cara hidroponik.

Husnul, Dewan Ketua GenBI Jember, menerangkan, “Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi teman-teman untuk mengikuti kegiatan hidroponik yang banyak manfaatnya salah satunya yaitu mempertahankan ketahanan pangan  di Indonesia yang telah di jelaskan oleh pemateri” katanya.

Kegiatan sharing dan praktik langsung hidroponik berlangsung dengan lancar dan para peserta sanagt antusias dalam mengikuti kegiatan ini sampai akhir.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations