Kakao Entertainment Mundur, CJ Group Tunggu Keputusan Terkait Akuisisi SM Entertainment
Kakao telah mengundurkan diri dari pertempuran melawan CJ Group untuk mengakuisisi SM Entertainment. Oleh karena itu, ada kemungkinan besar SM Entertainment, agensi hiburan generasi pertama, akan diambil alih oleh CJ Group....

Beritana - Kakao telah mengundurkan diri dari pertempuran melawan CJ Group untuk mengakuisisi SM Entertainment. Oleh karena itu, ada kemungkinan besar SM Entertainment, agensi hiburan generasi pertama, akan diambil alih oleh CJ Group.

Menurut industri Investment Banking (IB), pada 15 Oktober, Kakao Entertainment yang merupakan kandidat untuk mengakuisisi SM Entertainment, memutuskan untuk mundur dari upaya akuisisi.Tampaknya Kakao Entertainment mempertimbangkan kritik baru-baru ini bahwa perusahaan tersebut memasuki berbagai bidang dan memperluas terlalu banyak arah.

Di sisi lain, CJ ENM, mengajukan proposal akuisisi baru kepada Lee Soo Man. Target akuisisi sebesar 19,37% saham, termasuk saham yang dimiliki Lee Soo Man dan pihak eksekutif terkait.

Mengingat kapitalisasi pasar SM Entertainment sebesar 1,83 Triliun KRW (1,55 Miliar USD), nilai sahamnya adalah 354,4 Miliar KRW (300 Juta USD). Selain itu, jika Anda memasukkan premi untuk hak pengelolaan, nilai total saham diharapkan menjadi 500 miliar KRW hingga 600 miliar KRW (420 Juta hingga 510 Juta USD).

Sejauh ini, struktur akuisisi kedua belah pihak belum dikonfirmasi. Seorang pejabat yang akrab dengan pembicaraan akuisisi menyatakan, "Selain memaksimalkan harga jual, produser eksekutif memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan bisnis utamanya setelah penjualan perusahaan." Oleh karena itu, hanya dibahas bahwa CJ ENM hanya membeli sebagian dari 19,37% saham yang dimiliki oleh Lee Soo Man, produser eksekutif, dan eksekutif terkait.

CJ ENM memiliki 16 saluran, termasuk tvN dan Mnet, dan juga mengoperasikan Tving, layanan video online (OTT). Dinilai bahwa menambahkan hak kekayaan intelektual (IP) artis milik SM Entertainment, yang memiliki fandom global, ke 'saluran' CJ ENM dapat meningkatkan nilai tambah. Itu juga dapat berupaya memperluas wilayahnya ke platform baru seperti YouTube, TikTok, dan Instagram.

 

Sumber: KVIBES

YOUR REACTION?

Facebook Conversations