Baru Dua Pekan Dibuka , Saat Ini TPU Srengseng Sawah Jakarta Selatan Tersisa 11 Petak
Tempat Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah Sutandyo mengatakan pihaknya mulai menyetop penerimaan pemakaman baru jenazah warga terpapar virus Covid-19 karena jumlah lubang terbatas.

Beritana, Bangkalan – Kepala Satuan Pelaksana Zona 15 Tempat Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah Sutandyo mengatakan pihaknya mulai menyetop penerimaan pemakaman baru jenazah warga terpapar virus Covid-19 karena jumlah lubang terbatas.

Data terakhir per hari Sabtu (23/1) pukul 09.00 WIB, sebanyak 545 liang lahat dari total kapasitas 556 unit pemakaman yang disediakan sudah terpakai. Artinya, hanya tersisa 11 lubang di tempat pemakaman umum Srengseng Sawah setel tempat pemakaman umum ini diresmikan pada 12 Januari lalu.

“Semuanya sekarang dialihkan ke timur sih, ke Bambu Wulung, Tempat pemakaman umum Bambu Apus,” ucap Sutandyo , hari Sabtu (23/1).

Meski begitu, Sutandyo mengatakan tempat pemakaman umum Srengseng Sawah masih menerima pemakaman Covid-19 untuk jenis tumpang. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun sebelumnya sudah memberikan lampu hijau soal pemakaman tumpang covid-19 di tempat pemakaman umum yang tak hanya khusus untuk jenazah covid-19.

“Hari ini hanya menerima ya satu atau dua, dan tumpang,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Ivan Murcahyo mengatakan saat ini pihaknya memprioritaskan mengirim jenazah covid-19 ke TPU Bambu Apus di di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Covid-19 khusus warga beragama Islam.

“Prioritas kami kirim ke Bambu Wulung Timur [tempat pemakaman umum Bambu Apus]. Data terakhir terpakai 38 petak ya, jadi sisanya masih 762 petak kurang lebih,” ucap Ivan, hari Sabtu (23/1).

Ivan mengatakan selain tempat pemakaman umum Srengseng Sawah dan tempat pemakaman umum Bambu Apus, jenazah covid-19 di ibu kota hanya bisa dikubur tumpang di tempat pemakaman umum lainnya. Sebab sebagaimana diketahui, Tempat pemakaman umum Pondok Ranggon dan tempat pemakaman umum Tegal Alur yang telah difungsikan untuk pemakaman jenazah Covid-19 sejak Maret 2020 kini sudah penuh.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun sebelumnya menyatakan pihaknya telah menyiapkan 1.500 liang lahat khusus jenazah covid-19 di tempat pemakaman umum Rorotan, Jakarta Utara.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations